Masturbasi Ramean

Linimasa lagi ramai membahas keputusan hakim vonis atas Pak Basuki – Ahok.

Yang menarik perhatian saya adalah kubu seberang.

Kubu yang anti ahok. Kubu yang menamakan aksi bela agama. Saya tidak sengaja melihat post / status mereka yang dipenuhi kebencian ada di linimasa. Jadi bagus juga sih, jadi tahu manusia seperti apa mereka. Pikirannya sempit kayak kolor baru,  kurang banyak melihat, kurang wawasan, kurang piknik dan kurang sambal terasi *jadi totalnya berapa mbak?*

Ada yang nyeletuk begini :

Kok itu pendukung Ahok gak dikasih gas airmata juga kalo pada kumpul sampe malem?? Pak Polisi apakah Anda pilih kasih? Giliran kami bela agama yang seagama dengan Pak Polisi malah dikasih gas air mata!

Oh Bung, kita beda level! Pak Polisi tahu mana massa yang bisa dibilangin dan mana massa yang anarkis maen hakim sendiri. Dan terpenting *ambil pulpen, catat!* Pak Polisi itu kerjanya kaga ngeliat agama bosss. Repot amat. Coba kamu saya tilang tapi agama kamu apa yah kok matanya sipit? Repott coiiii

Moso bung kaga bisa bedain hal sepele begitu?? Bung gak asik lah!

Kami tidak anarkis! Kami baru satu tembok / dinding / pagar  yang kami dorong hampir mau roboh. Itukan jadi highlight kalian? Yang jadi trending buat kalian? Gak roboh kok tenang aja. Kalo roboh mereka siap bertanggung jawab!

Padahal kami satu agama dengan Pak Polisi loh, kok bisa bisanya mereka malah membela si Ahok kafir?

Oh bung, jangan bicara agama please, karena kami jauh dari benar menyoal agama. Apa yang baik bagi kami aja belum tentu benar bagi Tuhan. Setiap hari kami masih terus belajar mengenai agama kami. Agama kami bukan untuk dibawa ke panggung politik, panggung sandiwara apalagi panggung boneka. Mahal sekarang masuk dufan! Bukankah apapun agamamu agamaku urusan kita masing-masing dengan Tuhan?

Lain lagi dengan yang bilang :

Kok banyak orang muslim yang malah pada nangis karena si penista agama? Si mbak ini heran tapi si mbak ini juga tidak menerima debat/pendapat.

Pokoke menurut pendapat dia begitu yah begitu, pendapat lain tidak diterima oleh si mbak. Hanya menerima komen yang sependapat dengan si mbak.

Walah. Kemudian besok kiamat. Si mbak ini doang yang masuk Surga.

Yang lain antri beli chiki chuba.

Tapi asik juga, jadi kita gak perlu capek capek jelasin kenapa teman teman banyak yang nangis dengan vonis hakim kepada Pak Ahok. Karena si mbak sudah menutup diri dan menutup komen dari luar jadi saya ga perlu sok jelasin apa-apa hahaha. Suka suka udelmu mbak? *cek udel*

Yah okelah cased close. Ahok menistakan agama.

*manggil si Nalar* Kemudian bagaimana dengan mereka yang menistakan agama / institusi / lambang negara?  Bahkan seenak udelnya kalo ngomong? *nalar masih nunggu jawaban dari kubu sebelah* *tik tok tik tok*

Kenapa mereka ini pada gak kenceng teriaknya sama seperti kepada Ahok?

Ya Tuhan pada kemana mereka ini, apakah mereka sedang sibuk jualan saat penista selain Ahok beraksi? Apakah mereka sedang menikmati Waduk Pluit buatan si kafir atau lagi beli sepatu pake KJP dari Ahok? Ntahlah..

Mereka ini, biasa disebut sumbu pendek oleh teman saya.

Suka bermain dengan pikiran sendiri, padahal cara pikir Tuhan itu luarbiasa tak terbatas, tak terkira, tak terjangkau, tak terpikirkan.

Apa jangan-jangan mereka sedang masturbasi dengan pikiran mereka sendiri? Memuaskan mereka sendiri? Sesuka mereka sendiri? Ntahlah. *kasih tissue*

Jakarta, pernah punya AHOK

Kekalahan Badja berasa kayak ditinggal pacar yah?

Kosong Hampa dan Tidak percaya. Could somebody wake me up? It’s just a dream?

Saya bersedih karena tahu betul kalo Pak Ahok dan Pak Djarot kerjanya nyata. Kerjanya sibuk ngurusin rakyat kecil seperti kami. Well saya gak mau tulis panjang-panjang menyoal ini. Karena begitu banyak kerja nyata mereka kalo saya tulis.

Satu hal yang saya masih percaya adalah, ini bukan akhir dari bangsa ini khususnya DKI Jakarta. Tapi saya percaya ada sesuatu yang besar untuk pak Ahok kerjakan didepan nanti. Atau mungkin ada kejutan bahwa ternyata hasilnya Ahok yang menjadi Gubernur putaran kedua. Jangan tanya saya gimana caranya pokoknya garisnya emang begitu. Who knows.

Saya tetap optimis akan lahir orang-orang baru seperti Pak Ahok.

Kalau beliau aja begitu lapang dan berkata:

“Kekuasaan itu Tuhan yang kasih, Tuhan juga yang ambil. Jadi biasa aja. Gak usah terlalu gimana-gimana” – luarbiasa beliau dengan santainya bicara ini.

Pilkada ini jadi ajang berharga buat kita semua. Semua anak muda harus bergerak dan melek politik agar tidak mudah tergiring opini yang menyesatkan atau menyudutkan. Semoga isu SARA ini menjadi yang terakhir dalam setiap pemilihan kepada daerah.

Pak Ahok dan team pasti belajar banyak dari kekalahan ini. Maka kita juga harus belajar agar keesokan hari pesta demokrasi dinegara ini kita yang aktif ambil bagian. Tidak melulu jago cuit dan post di medsos tapi mulai terjun dan aktif menyuarakan hal-hal positif. Tunjukkin kalo kita bukan sekedar ikut-ikutan tapi ada gagasan yang bisa diberikan untuk kota kita.

Sedihnya cukup. Move on. Terima kekalahan seperti seorang ksatria.

Well,

Again! Selamat kepada Pak Anies dan Pak Sandiaga untuk kemenangan hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Hidup Yang di Berkati

Setiap orang pasti hidupnya punya tujuan dan impian. Siapa yang tidak ingin diberkati dalam hidupnya. Seringkali karena begitu banyak berkat yang kita terima, saat semua kondisi baik dan cemerlang kita lupa bahwa hidup didunia ini hanya sementara. Atau mungkin begitu banyak masalah yang kita hadapi sampai-sampai kita stress dan lupa kalau kita punya Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ada 4 hal yang menarik yang terkadang lewat begitu saja dan membuat kita menjadi manusia yang mengandalkan kekuatan diri sendiri.

1. KOMUNIKASI

Komunikasi adalah “suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Sebuah keluarga khususnya Suami-Istri pasti ada masanya berbeda pendapat dan bertengkar. Komitmen untuk selalu berkomunikasi apapun yang mereka hadapi. Dari hal-hal sepele sampai hal-hal besar dalam rumah tangga. Tetap saja kemungkinan untuk berdebat atau berbeda pendapat selalu ada, yang menyebabkan pertengkaran bisa terjadi. Dan banyak perceraian terjadi karena hal tersebut. Komunikasi yang buruk.

Bisa dibayangkan jika tidak ada komunikasi. Segala sesuatunya kita kerjakan sesuai dengan ego dan tanpa memperhatikan orang lain. Betapa berbahayanya jika kita memiliki komunikasi yang buruk. Sama halnya dengan komunikasi kita dengan Tuhan = DOA. Ada yang bilang bahwa Tuhan hanya sejauh doa. Saya setuju akan hal ini. Tuhan dapat kita temui kapanpun dan dimanapun melalui doa.

Saya punya seorang anak laki-laki saat ini usianya satu tahun tujuh bulan. Belum bisa bicara dengan fasih. Bahkan diantara teman-temannya dia belum mengeluarkan kata pertamanya selain : heh, hah, huh, au dan hushhhh. Tapi saya selalu ajak berkomunikasi seperti layaknya dia sudah bisa berbicara. Karena komunikasi adalah kunci sebuah hubungan yang baik. Dan saya berkomitmen menjadi ayah yang baik dan inging memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan dan masa depannya kelak. Bahkan saya ingin menciptakan masa depan yang cemerlang untuk anak saya walau saya sendiri belum menggapai dan melihat masa depan itu.

Sama halnya dengan Tuhan kita. Bisa dibayangkan betapa bahagianya Dia, jika apapun yang kita mau, kita kerjakan dan kita inginkan dikomunikasikan dengan Dia. Tuhan memiliki alam semesta. Pencipta langit dan bumi serta segala isinya. Betapa special nya kita dapat berkomunikasi denganNya hanya melalui doa. Tuhan rindu setiap kita untuk tidak putus dalam berdoa. Untuk selalu berkomunikasi dalam segala keadaan kita.

Hari-hari semakin jahat. Banyak anak-anak kehilangan figur seorang ayah. Banyak anak-anak kehilangan komunikasi dengan orangtuanya. Karena itulah sasaran dari si jahat, mereka ingin memutus komunikasi setiap keluarga. Padahal hubungan setiap manusia dibangun diatas sebuah komunikasi. Tuhan pasti akan pakai kita lebih dahsyat lagi jika kita memiliki keluarga yang diberkati.

Kesaksian : Seorang suami-istri berdoa untuk seorang anak. Agar Tuhan ijinkan berikan seorang anak laki-laki. Dan Tuhan berikan. Buat kita mungkin tidak ada yang istimewa kelihatannya, tapi buat sepasang suami-istri tersebut itu adalah berkat yang luarbiasa.

Mat 11 : 24 : “Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.”

 

2. IMAN PERCAYA

Mat 17:20 : Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini : Pindah dari tempat ini kesana,- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Biji sesawi –  Biji ini termasuk biji yang paling kecil dari semua tanaman, tapi pohonnya sangat besar. Dari pohon ini terdapat bunga sesawi yang didalamnya terdapat biji. Satu bunga sesawi didalamnya terdapat ratusan biji sesawi yang ukurannya lebih kecil dari butiran pasir.

Betapa luar biasanya kuasa dari sebuah Iman Percaya. Apa yang kita percaya dapat terjadi di dalam namaNya. Seringkali kita percaya hal-hal tertentu karena itu baik bagi kita. Dan kita lupa bahwa iman kita sesuai dengan kehendak kita, bukan kehendak yang Tuhan mau dalam hidup ini. Iman percaya merupakan hal yang paling menarik. Apakah kita percaya Tuhan turut bekerja dalam segala hal? Atau kita percaya Tuhan mengabulkan semua hal yang kita mau. Sama-sama percaya kata kuncinya. Pastikan kita memiliki komunikasi yang baik agar iman percaya kita di jalan yang benar. Bahwa setiap apa yang kita minta itu menyenangkan hati Tuhan. Jadikan iman percaya kita dasar dari segala sesuatu yang kita kerjakan setiap harinya. Bahwa kita percaya Tuhan yang akan menyertai dan Tuhan yang akan memberkati setiap proses dalam hidup ini.

Kesaksian : Seorang anak muda tidak pernah khawatir yang berlebihan akan masa depannya. Satu hal yang dia percaya bahwa Tuhan turut campur tangan dalam segala sesuatu yang dia alami. Apapun yang terjadi, dinikmati dan dikerjakan dengan sukacita. Meski masa kelam dialami, dia mau selalu hatinya minimal ada sukacita dan damai sejahtera Tuhan. Kairos (saat yang tepat/waktunya Tuhan). He strongly believes in God. Milikilah iman percaya maka sukacita akan datang pada kita.

 

3. MENGUCAP SYUKUR

Siapa diantara kita yang rajin mengucap syukur dalam segala hal keadaan hidup ini? Jika ya selamat hidup Anda pasti sangat bahagia. Kok bisa? Ya karena setiap apapun yang terjadi kita bisa bersyukur dan ikhlas, pasti tidak akan banyak pikiran atau tidak menjadi beban. Semuanya diserahkan ke dalam tangan Tuhan.

Saya sangat rajin MENGUCAP SYUKUR saat happy. Tapi tantangannya ternyata adalah saat keadaan tidak baik, keadaan tidak sesuai dengan keinginan, saat doa tidak dijawab, saat doa kita malah dijawab sebaliknya seperti yang kita mau. Wah memang susah banget bagian ini. Tapi mengucap syukur ternyata adalah bagian dari Iman Percaya kita kepada Tuhan. It’s easy to say but it’s hard to do. Kita sama-sama terus belajar bagian ini. To always say Thank You Jesus, for everything in our life, we surrender.

Saya selalu bilang sama istri, kalau badmood atau tidak itu sebuah pilihan. Meski kami sadar bahwa itu adalah hal yang sulit. Karena daripada bersungut-sungut terus menerus ya kami belajar memilih mengucap syukur kepada Tuhan. Biar Tuhan gantikan semua gundah dan keresahan dengan sukacita.

Kesaksian: Dodi (bukan nama sebenarnya), seorang kawan dekat. Memiliki hidup yang cukup berat. Mengalami problem serius dalam hal financial. Dulunya punya kerjaan baik, posisi baik, fasilitas baik dari perusahaan. Sampai akhirnya pernah menjadi seorang supir pribadi. Pernah satu keadaan saat sedang mencuci mobil majikannya dia berfikir : “Tuhan hidupku sekarang seperti ini, aku percaya Kau akan sediakan hari depan yang cerah dan penuh harapan.” Dan sekarang puji Tuhan hidupnya perlahan diberkati Tuhan. Melakukan pekerjaan dengan ucapan syukur. Melakukan yang terbaik apapun itu kondisinya / pekerjaannya adalah bentuk dari ucapan syukur kepada Tuhan.

1 TES 5 : 18 : “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah didalam Kristus Yesus bagi kamu.”

 

4. RENDAH HATI

Saat semuanya berjalan dengan baik. Pekerjaan lancar, Rumah tangga harmonis, Keluarga bahagia, Pelayanan sukacita, Kesehatan baik dan Hidup berjalan sesuai dengan yang kita inginkan, kita seringkali lupa untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan lupa untuk mengucap syukur. Memegahkan diri.

“Pelayanan ini kalau tidak ada saya, kayaknya gak akan bisa diberkati seperti ini. Untung saya menjadi bagian dari team ini”

“Perusahaan kalau gak ada saya, pasti tidak akan seberhasil sekarang!”

“Karena saya belajar dengan giat dan sampai begadang akhirnya bisa lulus dengan nilai baik”

Kita lupa untuk rendah hati.

Kita lupa bahwa kemampuan kita adalah berkat.

Kita lupa kalau Tuhan yang ijinkan semua itu terjadi.

Kita lupa kita datangnya dari Tuhan

Sikap rendah hati ini sangat sulit diukur. Karena hanya kita dan Tuhan yang tahu. Kedalaman hati orang tidak ada yang dapat mengukurnya. Hati ini apakah terus membanggakan diri sendiri atau sadar bahwa kasih karunia Tuhan lah yang beserta kita dan mampukan segalanya.

Saya pernah ditawarin kakak diajak ke sebuah seminar. Seminar tentang semacam pengembangan diri. Saat itu sempet mikir (selain harganya yang gak murah hehehe) untuk apa ikut? Rasanya saya memiliki cara berbicara dengan orang yang baik, tahu tata krama, tahu bagaimana bersikap dan tahu ini tahu itu. Kemudian singkat cerita saya ikut dan setelah pulang dari sana banyak hal yang sudah saya tahu semakin diperlengkapi. Kadang seringkali saya suka SOTOY dan Sombong tapi Tuhan selalu punya maksud lain. Dari sana saya belajar untuk rendah hati, bahwa semua yang saya mampu lakukan semua bukan apa-apa.

Saya memiliki seorang teman baru. Seorang wanita, seorang istri dan seorang ibu. Tapi hidupnya sudah memberkati saya. Luarbiasa. Singkatnya : diceraikan, dijauhkan dari anak-anaknya, tidak boleh menuntut harta, disuruh bayar uang perceraian dll. Hidupnya sangat dipenuhi kesedihan dan masalah. Saya belajar dari dia mengambil sikap atas segala masalahnya, yang dia lakukan adalah mencari Tuhan. Hanya mengadu kepada Tuhan, berharap kepada Tuhan yang dia percaya bahwa Tuhan lah tempat terakhir untuk dia mencurahkan segala isi hatinya. Saat keluarganya bertanya, dia selalu tampil dan memberikan sikap kuat, tidak ingin membebani orangtua dan keluarga. Dan sekarang, hidupnya puji Tuhan saya berani bilang sangat diberkati. Saya belajar merespon dengan sikap hati yang benar dan rendah hati dihadapan Tuhan.

Ams 4 : 23 : “Tuhan benci orang yang sombong. Sudahkah hati kita benar dihadapan Tuhan”

Semoga apa yang akhir akhir ini Tuhan ingatkan kepada saya bisa menjadi berkat untuk kita semua. Tuhan Yesus memberkati.

 

 

Belajar nulis

Eh kenapa kalau lagi blogwalking liat tulisan-tulisan banyak aja yang bisa mereka tulis.

Kenapa giliran gua mau nulis kok yah gak semudah mereka, banyak aja yang bisa diceritain dan dibahas. Hmm, mungkin mereka punya admin kali (. . . kayak onlineshop aja, ngeblog aja ada adminnya . . .)

Mungkin gua harus belajar menulis apapun yang gua suka dan apapun yang gua pengen tulis. Tapi takutnya kagak berbobot hahaha atau sekedar tulisan kosong kayak pepesan kosong gituu . . .

Yasudah gua memutuskan akan menulis apapun yang gua suka dan pengen ajalah sambil belajar nanti kemudian hari mungkin bisa jaadi jago dan pro like them (Asik!!)

Lampu Motor bikin Silau Mata

Banyak yang ngalamin atau gak yah.

Gua sering banget merasa terganggu dengan kendaraan motor dan bajaj. Mostly sih motor. Kalau malam hari para pengendara motor ini pake lampu jauh. Alias lampunya nyorot lurus kedepan. Bikin sakit mata.

Kebanyakan terjadi dijalan-jalan perumahan ramai penduduk. Khususnya yang gua tulis ini sering ketemu didaerah Tambora.

Mereka pada kaga sadar apa ya kalau itu bikin sakit mata orang. Bikin mata berkunang-kunang. Bikin kecelakaan juga mungkin. Entah apa sensasinya harus pakai lampu jauh. 

Pernah gua ngobrol kenapa fenomena aneh ini banyak terjadi dijalanan Tambora. 

“Iya gua juga kesel, pada bego banget itu pake lampu jauh. Bikin mata sakit! Ampun dah!” 

“Oooh kirain gua doang yang ngalamin hal ini. Ternyata lu juga ngeh yah. Soalnya kalo gua liat pada santai aja penduduknya, ga ada yg repot kaya gua, infoin kepengendaraa “Massss lampunyaaa!!!” Problemnya adalah banyak banget motor yang pake lampu jauh. Duh gregetan pengen gua keplak palanya satu-satu” 

“Gua juga pake lampu jauh buat bales mereka. Daripada gua doang yang jadi korban” 

“Jaaahhh” 

Pantesan aja banyak yang pake lampu jauhhh. Wong temen gua aja juga lakuin karena sebagai aksi balas dendam.

Gua berharap ada razia mengenai penggunaan lampu jauh pada kendaraan motor ini. Bakal ada razia kan 16 november nanti. Seperti razia yang pernah dilakukan pada mobil, mereka disuruh duduk depan mobil dengan lampu menyala. Dihukum untuk liat sendiri betapa mengganggunya lampu kendaraan mereka yang diluar standar yang sudah ditentukan.

Nah gua gak tau ini kejadian terjadi juga kah didaerah yang lain??

Ah andai gua Superman. Uda gua laser itu lampu-lampu motor yang bandel menganggu mata.

Suspend Gocar

SUSPEND GOCAR

Kemarin, Senin 7 Nov baru aja dari kantor Gocar di Kemang, Jaksel. Ini kedatangan kedua dalam seminggu terakhir, bolak balik karena urusan akun di suspend.

Sebelumnya pernah ada suspend massal dari Gojek Indonesia (GI) dan gua salah satu yang di suspend. Suspend massal versi GI karena banyaknya orderan curang demi mendapatkan bonus(performance). Kemudian tiba-tiba ada pemutihan massal untuk akun gocar bisa kembali online. Dan akun gua salah satunya bisa online(lagi). (katanya tidak semua dapat kesempatan ini)

Nah! Sejak itu. Sejak bisa online lagi gua sebagai mitra GI sadar bahwa kemarin salah dan ini ada kesempatan lagi. Gua jadi lebih berhati hati di Gocar. Setiap orderan yang sudah gua ambil tidak gua cancel. Mengurangi jumlah cancelan. Jika tidak mau, gua akan skip orderan. Tapi nyatanya gua kena suspend lagi. Dan kali ini di SUSPEND PERMANEN.

Kalo kemaren gua di suspend, karena memang gua ada kesalahan. Sorry yah GI. Dan tujuan tulisan ini bukan karena gua udah salah tapi gak terima di suspend. Karena emang gak ngerti alasan di suspend. Gua mau cerita supaya temen-temen driver tahu bahwa ada hal-hal yang bisa diantisipasi supaya ga di suspend(lagi).

DEPOSIT HANGUS

Sejak yang pemutihan massal, konon semua saldo deposit ditarik oleh GI karna sebagai denda pelanggaran. (beruntung)Saldo gua tidak banyak. Jadi yah karena memang salah kemudian ditarik GI, gua terima. Dimulai dari angka 0 yah.

DEPOSIT KOSONG

Gua suka sama tarif gocar karena lebih manusiawi buat drivernya. Karena kalo baca grup sebelah harga di Taxi Online merk lainnya harganya kurang manusiawi.

Satu waktu gua withdraw semua saldo deposit yang ada di gocar. Gua inget banget sampe ada 2 perak di saldo deposit. Sore sebelum jam 6, gua cairin semua withdrawnya. Besoknya pagi mau online lagi ternyata tidak bisa karena saldo nol. Jiahhh kok gua gak sadar. Emang pernah denger kalo deposit tidak boleh ditarik semua. Mungkin kurang minum jadi lupa.

Telp cust service tanya mau top up gimana caranya. Ke bank. Transfer ke rekening GI, minimal 50ribu, tunggu berhasil (akan ditelp oleh CSnya). Sepanjang hari menunggu saldo deposit masuk. Tada sore baru berhasil masuk dan langsung online. Akhirnya bisa online lagi. Yuhhuuu!!

SUSPEND

Sumringah saldo sudah masuk dan bisa ambil orderan. Deposit mencukupi. Orderan pertama masuk. Ting! Mata harus cepet lihat alamat jemput, tujuan anter, biaya tertera. Tap! Langsung ambil orderan karena seharian sudah nunggu mau online Gocar. Note kecil masuk “maaf anda tidak dapat ambil orderan karena akun disuspend, harap hubungi bla bla bla”. Gubrak!

Kaget. Kesel. Emosi. Langsung telp ke CS dan email. Ya seperti kita tahu ya, jawabannya pasti sama, template banget. Alias tidak ada jawaban yang memuaskan. Gua cerita dan ketik panjang lebar history yang terjadi sebelum suspend ini. Yang gua penasaran adalah apa alasannya. Disuruh datang ke kantor GI males banget, pernah ada pengalaman datang ke kantor GI tanya kenapa di suspend. Orang operationalnya bilang sistem error harusnya tidak tersuspend. Karena itulah gua sangat enggan datang ke kantor. Karena pengalaman gak enak sebelumnya. Dan antriannya super.

ORDER FIKTIF

Akhirnya karena emang gua butuh, datanglah ke kantor urus suspend. Jam 11 siang hari kamis. Gua uda pasrah rame banget dan antrian panjang. Tapi ternyata sepi, malah kaga ada orang. Sampe gua nanya orang yang lewat “mas ini kantor DSU Gocar kan? Buka kan? Atau sudah pada pindah?”. Saking takjubnya ga ada antrian.

Dilayani sama mba Sopiah, di cek alasan suspend  adalah karena akun gua terlalu sering ambil orderan tapi tidak dijalankan. Alias ambil order kemudian dicancel. Nah, karena gua sadar betul gua gak pernah sering begitu KECUALI karena Orderan Fiktif.

Orderan masuk. Gua ambil. Ditelp gak bisa. Berdasarkan pengalaman gua jemput di penjemputan tetap ga ada yang keluar maka dari itu gua langsung cancel. Logikanya, lu order Gocar, trus hape lu ga aktif. Kan ga mungkin. Oke karena belum ganti no hape terbaru. Otomatis lu sebagai pemesan pasti sesegera mungkin memberi kabar ke driver entah SMS atau telp dong.Yakan yakan yadong.

BANDING

“Intinya mas sering ga jalanin orderan nih, kalo emang ga siap lebih baik jangan diambil mas. Sistem kami bacanya banyak orderan yang tidak dijalankan” mba sopiah menjelaskan. “Mas pake autobid sih ya, mending off-in aja daripada tidak dijalankan” tambah nya

“Saya tidak pakai autobid dan saya selalu on jika merasa siap terima orderan. Jika ada sering cancel, benar. Dan kenapa saya cancel karena itu Orderan fiktif, saya tidak bisa hubungi mereka mba”

“Ya sudah saya bantu proses bikin banding yah. . .”

“Apakah kalo saya online tapi tidak saya ambil orderan itu berpengaruh juga disistem GI?”

“Tidak, karena kan sudah tidak ada sistem performance jadi ga masalah, yang masalah itu tadi ambil orderan tapi tidak dijalankan” demikian penjelasan mba Sopiah.

Kemudian diserahkan kertas, diminta isi kolom Banding. Dan gua tulislah “Opik”. Emang bener karena itu. Gua yakin 1000%.

“Mas ini singkat amat alasan bandingnya”

“Lah emang bener karena itu yang saya alamin mba, beneran dah”

“Autobidnya ga usah dinyalain makanya mas, orderan dijalankan terus”

“Jiah susah nih mba kalo ga percaya, karena memang benar adanya karena Ofik itulah saya jadi sering cancel”

Gua ambil lagi kertasnya dan tambahin “ Opik – kebanyakan order yang saya cancel karena itu adalah orderan fiktif”

“Oke mas, nanti tunggu 2×24 jam yah, di SMS atau diemail hasilnya”

“Oke terima kasih banyak mba”

 Sepanjang hari gua tetap nyalain tuh aplikasi, orderan masuk gua ambil, selalu ada alert “akun Anda di suspend blabla. . . “ berarti belom aktif. Ya barangkali sms atau emailnya telat tapi sudah diaktifin duluan.

SUSPEND PERMANEN

Sudah dua hari nungguin suspend dibuka. Gua email yang isinya sudah kekantor operational disuruh tunggu 2×24 jam tapi masih belom aktif minta tolong dicekkin. Tetap jawabannya CS tidak bisa lihat datanya karena cuma dikantor operational yang ngurusin suspend. KUDU DATENG.

Senin pagi akhirnya gua niatkan datang ke GI(lagi) ngurus(lagi). Kali ini bukan dengan mba Sopiah dan gua lupa nanya siapa nama masnya. Gua dipanggil kemudian duduk nunggu data dibuka masnya, ga banyak omong karena gua pengen cepet beres terus lanjut ngaspal langsung.

“Mas ini untuk akunnya di Suspend Permanen oleh GI” singkat dari masnya.

Kaget masbro. Aplikasi masih aktif, email GI disuruh datang ke kantor operational begitu disamperin ngejemput berita ga enak. Gua berusaha santai dan cari jalan solusi supaya tetap bisa online Gocar.

“Kenapa bisa disuspend permanen yah mas?” tanya gua penasaran.

“Iya dari sistem kami sudah begitu, hasil banding mas di tolak dan kalau ditanya alasannya kenapa kami sendiri juga tidak tahu karena memang sudah keputusan atasan seperti itu” jawab masnya

“Memang alasan saya kurang mas? saya cancel kan karena itu orderan fiktif. Apa tidak bisa minimal saya tahu alasannya apa?. Point utamanya dimana, karena sering cancel? Karena sering cuekkin order masuk? Karena ada kecurangan? Karena pilih pilih order? Minimal informasi ke kami lah apa yang menjadi pertimbangan GI untuk suspend permanen. Berarti ini keputusan sepihak dari GI dong?”

“Iya. Saya sendiri gak bisa tahu alasan tepatnya apa mas, dan bukan karena sering cancel kok. Itu sekarang udah gak ngaruh”

Nah disini gua bingung kemarin ke Mba Sopiah info bahwa alasan di suspend karena itu (terbaca sistem sering cancel) tapi dengan mas ini hal itu tidak berpengaruh. Disini udah jelas bahwa ga ada kesamaan data. Gimana gua gak coba untuk kekeuh minta penjelasan. Data satu divisi kalian aja bisa beda?!

“Sepertinya bukan karena suspend terakhir mas, karena GI bacanya dari awal sudah dikasih kesempatan dan akhirnya di suspend permanen. Kalo saya tetep tanyakan ke atasan saya, bisa saya yang diomelin karena pasti jawabannya sama mas. Intinya mas sudah diberhentikan menjadi mitra GI, sudah blacklist. Tapi pokoknya bukan karena suspend terakhir. Itu enggak ngaruh cancel orderan fiktif kok, apa mau saya panggilin mba sopiahnya?”

Gua yakin banget atasan dia ada diruangan itu dan lagi duduk disebelahnya. Jangan tanya gua tau darimana. Karena setiap orang GI diruangan itu kalo berdiri trus bisik-bisik keorang yang sama setiap saat kalo bukan leader???

“Oh ga usah mas, saya bukan permasalahin ga percaya sama mba Sopiah tapi yang saya pengen tahu adalah karena pertimbangan apa saya di suspend permanen. Minimal saya bisa tahu datanya. Saya pulang juga enak karena tahu kesalahan saya versi GI. Kalau sperti ini sepihak dan saya mana tahu kesalahan saya apa.”

“Yah sama kaya persidangan mas, banding mas ditolak yawiss terima aja hasilnya. . . Kemarin juga pas suspend massal driver lain akhirnya pada ngaku salah dan minta maaf karena memang curang. Kemudian kalo akhirnya disuspend lagi ya karena sudah diberi kesempatan . . .  Sudah ya mas saya mau lanjut orang berikutnya“

“Okelah mas, masalah suspend ini saya ngotot seperti apapun tetap GI punya keputusan sepihak. Pertanyaan saya misalnya mau tetap bermitra dengan GI bagaimana, apakah harus daftar ulang lagi? Atau misalnya saya masuk Gojek?”

“Tidak bisa mas, namanya sudah blacklist. . . “

Menariknya mas ini jarang sekali lihat mata gua saat bicara. Matanya sibuk memandang laptop sambil menjelaskan semua pertanyaan gua. Mungkin lebih menarik isi laptopnya daripada ladenin keluhan gua. Entahlah. Rasanya emosi pulang dengan sia sia. Arrghg@^#%@^%. Tapi gua adalah genk syukur. Jadi emosinya ga boleh lama-lama, harus tetap mengucap syukur dalam segala keadaan.

TIDAK TRANSPARANT

Menurut gua, kali ini gua gak salah! Itu murni OPIK. Dan kalo masnya bilang karena data dari awal bukan data terakhir, nah itu bisa ngomong begitu berarti anda punya datanya toh atau asal jawab aja yang penting beres?! Gimana ceritanya yang satu jawab karena banyak cancel tapi menurut mas ini, itu tidak pengaruh. Lahhhh terus kalo tidak ngaruh kenapa tiba-tiba disuspend. Buat apa akun gua diputihkan massal. Gak ngerti. Beneran.

Berdasarkan pengalaman tidak menyenangkan gua. Mungkin bisa jadi acuan atau informasi buat temen-temen driver lainnya. Feeling kenapa gua akhirnya bisa di Suspend Permanen :

  • Gua kalo komplain ke email mereka selalu keras. Seringnya gua selalu ketik kata kata : please mba/mas jangan jawab email saya dengan template, tapi berikan jawaban dan solusi sesuai pertanyaan atau problemnya. Kayaknya gua mitra yang rewel atau resek. Gua tidak ramah (versi mereka).
  • Alasan banding. Ini feeling gua kenceng banget. Serius. Karena gua cuma nulis : OPIK. Mereka pikirnya gua tidak mengakui kesalahan, gak niat banding karena alasannya ngasal. Jadi, gua sangat sarankan kalau isi dikolom banding isinya sebisa mungkin minta maaf dan bilang dengan detail alasannya. Tar kalo singkat bisa kayak gua di Suspend Permanen. Intinya mereka gak suka gua.
  • Mereka (kruDSU) akan lebih happy kalo emang lu salah yah ngaku salah, minta maaf dan jangan diulangin. Begging for sorry. Karena kalo lu terlalu bawel atau ekstrem, dengan senang hati mereka bisa suspend (sukasukamereka pokoknya). Dan kalo lu berhasil menyenangkan mereka, say sorry banget mungkin tidak jadi di suspend permanen. Banding anda berhasil!
  • Oh yah penting datang harus pakai sepatu dan tidak boleh celana pendek. Jangan kaya gua pernah pinjem sepatu tukang sapu didepan. Atau ada orang gua liat pinjem sepatu tukang siomay!
  • Siapkan mental kalo kalau jawaban mereka tidak memuaskan ; “iya sudah dari sistemnya, tidak bisa karena memang sistemnya, kami tidak bisa tahu datanya hanya ada hasilnya. etc”.
  • Saldo yang tersisa akan dibekukan! Wow! Beruntung saldo gua hanya 50rb yang topup untuk online. Coba kalo isinya 500rb dan dibekukan apa kaga lumayan tuh duit.
  • Kalau kita sebagai driver bener, tetap gak bisa ngotot. Krna mereka akan bilang disistem mereka kita salah. Ntah datanya darimana, punya gua aja kaga bisa dijelaskan. Boleh donk gua bilang sukasuka mereka, datanya ga transparan!

Gua sangat menyayangkan perihal suspend ini. Seperti yang gua bilang tadi, Gocar adalah aplikasi paling oke untuk taxi online saat ini. Dan gua berharap apa yang gua tulis salah dan GI bisa lebih transparant untuk kedepannya.

Singkatnya,

Gua driver Gocar sampai dengan minggu kemarin – Gak sengaja gua tarik semua deposit – Gak bisa ambil order karna deposit NOL – Gua topup deposit – Deposit masuk – Suspend – Banding – Suspend Permanen(dengan alasan yang sampai sekarang gua gak tahu tepatnya apa).

Goodluck teman teman driver Gocar.

PS.

Dear Mr Nadiem, ada beberapa hal yang saya highlight disini.

  1. Bagian DSU Gocar walau disatu meja yang sama saja punya jawaban yang berbeda. Bagaimana iniii?? Mengenai Suspend Permanen akun saya. Versi pertama karena sering tidak jalankan orderan. Versi kedua info untuk orderan yang diambil lalu dicancel tidak mempengaruhi untuk di suspend. Lah terus di suspendnya karena apaaaaaa????
  2. Jika memang di SUSPEND PERMANEN berarti mitra driver sudah sangat melanggar kesepakatan yang ada. Mengapa perihal apa yang menjadi alasan suspend permanen tidak bisa dijelaskan? Padahal katanya diminta no hape data langsung terbuka di laptop team DSU. Mengapa tidak bisa transparan mengenai kesalahan yang kalian anggap FATAL hingga harus di suspend permanen??!!
  3. Jadi sebenernya orderan fiktif itu bisa buat driver di suspend atau tidak??.
  4. Bagaimana cara saya dan mungkin driver lainnya bisa membuktikan bahwa kami benar benar tidak curang?
  5. Bagaimana saya dan teman-teman driver lainnya yang benar-benar tidak bermain curang tapi tersuspend oleh GI. Cicilan kendaraan kami yang beli karena masuk ke Gocar, kebutuhan hidup kami. Apakah ada jaminannya kami dapat jawaban atas Suspend oleh pihak GI? Ya kalau salah kesalahan pada kami. Tapi?
  6. Apakah driver benar benar dianggap mitra mengenai Suspend ini? Atau hanya sekedar driver, suspend, toh masih banyak driver lain. Begitukah?
  7. Akun di suspend permanen tapi tidak ada alert pada aplikasi driver. Mending di block atau dikasih alert bahwa akun tidak bisa digunakan lagi pak, agar driver tidak bingung dan menunggu-nunggu.
  8. Apakah GI tidak bisa transparant mengenai pelanggaran mitranya yang fatal sehingga meyebabkan putus mitra (Suspend Permanen)?

How About Your Time?

Hari ini dalam seminggu terakhir kedua kalinya gua ketemu orang baru. Dan dua duanya super duper telat dari waktu yang ditentukan.

Sedih kalo diceritain.

Gua gak mau orang lain nunggu. Mending gua yang dateng early. Tapi kalo telatnya sampai 60menit lebih. Hmm laper juga yah.

Jakarta, kota megapolitan yang hampir semua muanya ada. Menyisahkan kemacetan yang dijadikan ‘kambing hitam’ untuk setiap pertemuan. Dan gua kok jadi berasa kaya kambingnya nungguin orang. Malah ironisnya gua janjian jam 5, dan jam 4 kurang gua uda standby. Iya standby. (dan)Bengong.

Rasanya gua mo update status facebook. Ini semua gara gara ahok. Gara gara jokowi. Karena mereka gua ditelat-in orang. Ntah apa hubungannya. Jangan ditanya karna gua asal ngomong aja kayak ‘mereka’.

Tapi beneran. Jakarta khususnya bikin hidup kita gak efektif dan efisien. Janjian sama orang takut telat kudu pergi early. Mo mepet-mepet banget tar bikin orang gak enak nungguin kita. Tapi kalo orang yang telat kita yang nunggu. Ya nasib.

Ga efisien. Dari kota ke bundaran HI 15menit tapi nyatanya 45 menit masih dijalanan. Harusnya kita uda selesaikan satu todo list kita jadi ga kepending karena macet dan lain lainnya.

Well. Gua akan tetap jadi orang yang ontime meski orang lain yang gak ontime. Karena gua menghargai waktu orang lain. Mereka punya kehidupan dan urusan lain. Gak cuma janjian sama gua. 

Kalian?  How about your time? Sering bikin orang nunggu? Atau sering ditelat-in orang? 

Apa Kabar 2016

Apa kabar 2016?

Demikian judulnya. Seperti biasa gue selalu kecolongan untuk update my wordpress 😀

Sama dengan setiap orang kebanyakan pasti setiap tahun baru adalah pengen buat resolusi (terbaik) untuk setahun kedepan. So do I.

I’m dreaming so many. So excited. Hope that all my dreams not just dreaming and gone when I wake up in the morning.

Semua pasti ingin memiliki hidup yang lebih baik. Pengen belajar dari yang lalu. Pengen ambil hikmahnya dari 2015. Pengen selangkah lebih maju.

Pernah gak sih tiba tiba kepikiran, “tahun lalu tanggal segini gue begini, gue begitu, lagi disana, sedang ini, sedang itu, dengan siapa dll dll”

Kok gue sering banget yah ngalamin itu akhir akhir ini. Ada film yang muncul dipikiran gue. Dan yang paling gue highlight adalah “gile itu udah setahun yang lalu….”

Yang gue mo concern adalah apakah gue udah lebih baik dari ketika itu 😐

Me. Not Yet. Tapi gue percaya Tuhan selalu ingatkan maka dari itu dikasih ingetan itu 😀

Masih tanggal 15 Januari, tidak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan. Tulisan ini gue dedikasikan untuk diri gue sendiri untuk kedepan menjadi pribadi yang lebih baik (terus). Dan ketika pikiran itu muncul lagi, gue akan tersenyum 🙂 🙂 🙂 . Karna gue udah JAUH lebih baik saat pikiran itu datang lagi.

APA RESOLUSI KALIAN??

Kata orang paling mudah untuk mewujudkan resolusi adalah membuat resolusi untuk dan mengenai orang yang kita sayangi. Pasangan kita, orang tua kita, anak kita, saudara kita. Tempatkan diri kita sendiri terakhir. Maka resolusi kita semakin kuat untuk bisa kita wujudkan.

Yang berbeda di 2016 buat hidup gue adalah sekarang punya anak. Anak gue tidak bisa menunggu, setiap hari hidupnya bertumbuh. Setiap minggu bertambah sekian centimeter.  Setiap hari perubahan dan kebutuhannya pun bertambah. Jadi resolusi gue harus lebih dan lebih baik lagi buat anak. Apalagi orang tua gue juga setiap hari keriputnya bertambah dan rambutnya perlahan memutih sempurna. Gue gak bisa menghentikan waktu.

family
anak gue ganteng yak kayak bapaknya 😀

My world never be the same since He was born. Best Gift ever from God 🙂

So kalo kalian ngerasa persis sama seperti yang gue alamin. Kita kudu wujudkan resolusi 2016 kita. Buat orang-orang yang kita sayangi!

I dont know where you are know, but I do. I know exactly where I am right now. I want to have better life in 2016. Ask your self what your dream, hmm… nope! But what their (your love one) dream. We have to make it (together).

 

Take a breath deeply.

Close your eyes.

Say Thank God.

Thinking your love one.

Smile 🙂

And say I want will make they happy!

 

Biarlah tulisan ini jadi reminder buat diri gue sendiri. Dan buat kalian juga boleh. Hehehe.

Dan ketika orang tanya Apa Kabar 2016? Wonderful! 😀

Happy 2016 guys! *high five*

 

 

Happy Wedding My Sister

Time flies 🍃
Kalo kata orang adek kakak itu sering berantem. Tapi kalo kita? Iya sama sering berantem. Sering. Banget. Tapi dulu. Bahkan masalah remote tipi aja bisa jadi berantem yg sengit, hahahaha.

Waktu berlalu. Usia bertambah. Begitupun kami. Sebentar lagi dia akan memiliki rumah tangga sendiri. Happy dan bangga. Akhirnya adek gua laku hahaha. Eh gak sih seinget gua sih dia laku banget 😝 hahahah, maksudnya sudah matang dan menuju fase baru dalam hidupnya. Pernikahan.

Selamat yak adikku paling baik sedunia. Walau kita sering berantem tp kita tetap saling butuh hahahaha. Pnjem duit, pnjem ini, pnjem itu, tolong anu, tolong inu. Menuju pernikahan dan dapat title baru.

Doa kami, jadi istri yang baik, penuh hikmat, jadi berkat, selalu rendah hati dan makin menjadi berkat. Dan jika nanti saatnya tiba jadi seorang ibu. Jadi ibu yg bijaksana.

Enjoy your wedding day. No matter what, you must happy and get a great life.

Jesus bless you and new life.
I love you,
teman brantem masa kecil 😗

#happywedding #weddinggreeting #davidmetawedding #countingday #bridetobe

Badmood Swingmood

Gua percaya Tuhan itu ada.

Buktinya setiap kali gua merasa badmood dan saat detik itu tidak ada orang disamping gua. Cukup tarik napas, pejamkan mata dan pikirkan kebaikan Tuhan dalam hidup gua. Semua rasa jelek jadi berangsur baik.

Pernah denger orang selalu komplain akan hidupnya. Ya sebenernya sama gua juga pengen komplain banyak hal. Kenapa ini itu anu ani. Selalu ini itu. Kapan ego gua dimanja? Ah rasanya ga adil. Ya tapi pilihan gua adalah dateng ke Yang Kuasa.

Mungkin ini adalah akibat dari kecil sering sekolah minggu jadi apa-apa ingetnya ada seorang yang tak berwujud yang still caring and loving me.

Lebay? Ya mo gimana namanya juga ego. Klo ego datang bukankah bodo amat jadinya?

Ya tapi beruntungnya gua adalah bisa selalu diingatkan bahwa gua punya Tuhan yang selalu buka tangan telinga dan hati saat gua komplain ini itu 😀

Sometimes i never could imagine how was my life if there You, God doesn’t exist in heart :’)

Thank God
Thank You are exist!