Alasan Co-Working Space bisa jadi tempat kita kerja

co-working space jakarta

Siapa yang belum tau Co-Working Space?

Sama gw juga baru tau belom lama ini, dan rasanya kalo gw punya duit berlebih. Ini adalah salah satu yang pengen gw buka di Jakarta (sekarang), mumpung belum banyak(kayaknya).

Co-Working Space adalah tempat berbagi dalam sebuah ruangan untuk mengerjakan pekerjaan atau aktifitas sesuai dengan minat dan kerjanya masing-masing. Ada yang untuk seminar, meeting, presentasi, kerja freelancer atau sekedar ngobrolin bisnis sambil browsing untuk ciptakan sebuah inovasi.

Trennya adalah sekarang co-working bisa menjadi alternatif untuk tempat kerja. Kenapa?

Bekerja di dalam ruangan sudah pasti bikin bosan. Kenapa nggak coba kerja di co-working space

Melihat tren co-working space (ruangan yang memiliki konsep bekerja bareng) yang berkembang di banyak kota besar, cukup jelas bahwa tempat-tempat seperti ini memang ditujukan bagi para pekerja kreatif yang biasanya nggak bisa bekerja di tempat yang sama setiap harinya. Ada pula beberapa alasan lainnya yang membuat banyak orang mencoba atau mulai menyukai format tempat kerja seperti ini.

Bisa Lebih Fokus

Banyak yang beranggapan bahwa duduk di sebuah coffee shop, memasang musik di pemutar musik, ditemani secangkir latte bisa menciptakan suasana produktif untuk bekerja. Lebih fokus katanya. Para freelancer yang biasanya bekerja di rumah pun, bisa suntuk bila harus bekerja di rumah terus—apalagi kalau punya tetangga yang berisik. Mereka biasanya termasuk di golongan pencari coffee shop yang nyaman dan tenang untuk bekerja itu. Tapi seperti yang kamu tahu, ke coffee shop terus menerus lama-lama bisa bikin bangkrut. Oleh karena itu banyak yang lebih suka bekerja di co-working space yang suasananya bikin fokus ala coffee shop tapi nggak mengharuskan kamu harus melulu beli kopi mahal di sana. Tenang, keuangan tetap aman.

Desain dan Suasananya Seru

Co-working space kini mulai banyak disukai karena mereka menawarkan banyak hal baru dan seru. Yang paling utama, biasanya interior yang menarik dan mampu menciptakan inspirasi. Siapa sangka salah satu co-working space di Bali yang bernama Hubud jadi salah satu yang terbaik di dunia berkat suasananya yang alami banget.

Di Jakarta sendiri, co-working space banyak yang memilih tampilan modern, minimalis, dengan aksen-aksen kreatif di sana-sini. Hal ini yang biasanya mampu menciptakan dan mendorong inspirasi untuk bekerja. Setuju?

Tempat Bertemu dengan Calon Partner Kerja

Beberapa pendiri tempat co-working space melihat potensi di mana tempat-tempat bekerja alternatif seperti ini mampu mempertemukan orang-orang dari latar belakang berbeda, untuk kemudian berbincang, berkolaborasi, menghasilkan kreativitas yang baru. Hal ini rasanya sulit didapat bila duduk berjam-jam di coffee shop yang hanya bekerja dalam diam, tak menyapa siapapun di sekeliling.

Jadi Tempat Meeting Baru

Dengan tersebarnya co-working space di mana-mana, para profesional, baik itu di bidang kreatif maupun bukan bisa menjadikan tempat-tempat kerja seperti ini sebagai lokasi meeting baru. Tentu, masih banyak yang melakukan meeting bersama client di coffee shop. Tapi dengan adanya co-working space, mengadakan pertemuan dengan client bisa dilakukan dengan mengurangi gangguan pemandangan dari komunitas non profesional yang biasanya kita papasi di tempat-tempat umum. Karena, bagaimanapun co-working space sejatinya adalah tempat untuk bekerja.

Alternatif untuk yang Belum Punya Kantor Resmi

Co-working space juga menjadi alternatif bagi mereka yang ingin punya kantor, tapi belum punya cukup biaya untuk memilikinya (ini biasanya kita temukan pada perusahaan-perusahaan baru yang sedang merintis). Maka dari itu, keanggotaan di co-working space cukup beragam sesuai kebutuhan. Dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Dan seperti kantor-kantor lainnya, co-working space menawarkan semua fasilitas yang akan kita temukan di kantor. Akses internet nirkabel, mesin fax, printer, ruang meeting, ada yang bisa menyiapkan hall bahkan, hingga kopi dan teh yang tersedia gratis.

Ada yang Buka 24 Jam

Ada beberapa co-working space yang bahkan buka hingga 24 jam, seperti Conclave di Jakarta. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pekerja kreatif yang biasanya bekerja hingga larut. Penyewaan tempat bisa dilakukan sepanjang hari, atau selama diperlukan. Pas banget buat kamu pekerja keras.

Source : sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s