ASIAN GAMES 2018 is WAW

Meski saya bukan pecinta olahraga dalam bentuk dan gaya apapun. Tapi ASIAN GAMES 2018 Jakarta-Palembang berhasil membuat saya tertarik dengan perhelatan akbar acara olahraga yang disaksikan jutaan mata diseluruh dunia ini.

Secara pribadi saya sudah merasakan bahwa AG18 ini berhasil membuat setiap masyarakat ‘ngeh’ dengan acara ini. Karena hampir disetiap sudut bagian Jakarta ada banyak iklan, logo dan gambar maskot AG18 ini. Saya sebagai masyarakat kelas keren aja bangga dengan iklan AG18 ada dimana-mana. Dan sempet nyeletuk, siapapun dibalik AG18 ini berhasil membuat semua masyarakat menjadi tahu Indonesia sedang menjadi tuan rumah ASIAN GAMES. Bhin bhin, Atung dan Ika ada dimane maneee. Dan yang pasti tidak sedikit biaya untuk mempromosikannya dalam berbagai media ini. Cuma berharap itu mural dibawah jalan layang jangan diapus atau minimal diganti gambar-gambar keren lainnya. Bagus banget aselik gambar muralnya.

Dan lanjut ke bagian OpeningCeremony AG18 *yang saya sendiri tidak nonton* menjadi omongan hampir seluruh dunia (menurut twitter trending). Saya kebagian nonton pas acaranya udah mau habis dan itupun bikin merinding (padahal 10menit terakhir doang). Dan yang pasti juga semua sudah tahu adalah aksi Bapak Presiden kita, saat pembukaan dengan kejutannya. Dan puja puji terjadi dari keseluruhan acara Pembukaan tersebut. Saya bangga dengan Indonesia. *terharu*

Akhirnya demi tidak ketinggalan trend, ClosingCeremony AG18 saya standby untuk nonton. Dan hujan tidak meredakan semangat acara dan penonton yang langsung disana. Kalian. Indonesia. Keren. Ada banyak performance artis lokal sampe impor kayak SuJu. Dira Sugandi, BCL dan JFlow keren! Well, overall ClosingCeremony was awesome. Meski menurut saya OpeningCeremony jauh lebih keren.

Catatan penting dari AG18 adalah, kita semua adalah Indonesia. Semua haru biru saat setiap kali atlet Indonesia bisa membawa kemenangan. Kita semua spontan berteriak saat atlet Indonesia mendapatkan poin. Kita semua decak kagum saat atlet Indonesia berhasil mendapatkan emas. Kita semua spontan bangga saat lagu Indonesia Raya dinyanyikan. Sesaat. Kita. Semua. Bangga. Indonesia.

Puncaknya adalah saat salah satu atlet Pencak Silat, Hanifan Yudani membuat dua capres keren kita berpelukan mannn. Keren dan saya yakin aksi spontan tersebut adalah beneran dari hati seorang atlet atas nama Indonesia. Boleh gak berandai-andai untuk pilpres besok kita semua punya sikap seperti itu. Perbedaan ya wiss, tapi pilihan masing-masing. Setiap calon melakukan aksi terbaik mereka, jangan ada baper diantara kita. Indonesia.

Saya pernah baca dari Instagram Dira Sugandi, isinya semua yang terjadi di AG18 adalah bukan kebetulan. Dan semuanya luarbiasa keren atas kehendakNya. Awalnya bukan Indonesia untuk AG18 ini, Pencak Silat masuk dalam AsianGames kali ini, Presidennya pas Jokowi AG18 ini. Lengkapnya langsung liat postnya.

Well, Sukses AG18. Menjadi perhatian seluruh dunia. Saya punya harapan untuk anak cucu nanti Indonesia dapat menjadi bangsa yang lebih besar dan luarbiasa lebih baik dari sekarang. Kita punya peluang untuk menjadi yang terbaik dengan jumlah penduduk yang beberapa tahun kedepan 70% mereka adalah masyarakat dengan usia produktif. Kaum muda akan mengubah Indonesia. Yes. Saya yakin.

Kalian disisi mana?

Saya. Indonesia 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s