Nasihat Bijak dari Orang Kaya

Jack Ma, contoh hidup yang sangat menginspirasi. Apa yang menjadi pengalamannya dalam kehidupannya sungguh seharusnya dapat kita aplikasikan dan terapkan untuk menjadi orang sukses. Minimal kita bisa sukses untuk diri kita sendiri (pribadi yang lebih baik, pribadi yang lebih disiplin dan pribadi yang lebih berhikmat)

Jack Ma katakan lakukan hal hal ini ketika Anda masih miskin, masih bukan siapa-siapa, tidak memiliki apa-apa dan ketika sudah kaya maka lakukan hal yang lebih baik saat kamu kemarin miskin, maka Anda akan semakin sukses, semakin bahagia dan semakin diberkati

Pesan dari Jack Ma, orang paling kaya di China saat ini :

1. Saat miskin, kurangi waktumu di rumah, perbanyaklah kegiatan di luar. Saat kaya, perbanyaklah waktu di rumah, kurangi kegiatanmu di luar. Ini adalah “Seni Kehidupan”.

2. Saat miskin, gunakanlah uangmu untuk orang lain, saat kaya gunakanlah uangmu untuk keluarga dan orang-orang yang kamu cintai. Banyak sekali orang yang terbalik melakukan kedua hal ini.

3. Saat miskin jangan perhitungan, bersikap baik lah terhadap orang lain, ini baru namanya orang miskin tapi banyak akal. Saat kaya, harus belajar membuat orang lain baik terhadapmu, dan kamu harus lebih baik lagi terhadap orang lain. Ini adalah cara hidup yang sangat indah, tapi hanya sedikit orang yang mengerti.

4. Saat miskin harus royal, tapi saat kaya, jangan pamer lagi. Hidup ini akan kembali dalam kesederhanaan, kembali dalam ketenangan.

5. Masa muda adalah kekayaan paling besar, hargai setiap waktu kehidupan, tidak perlu takut pada kemiskinan. Yang penting kamu harus tahu bagaimana melatih diri, hal apa yang utama, apa yang harus diinvestasikan dan kapan harus menghemat.

6. Jangan sembarang beli pakaian, kamu boleh beli sedikit, tapi beli lah yang berkualitas baik. Perbanyaklah makan dengan orang luar, kamu harus berani mengeluarkan uang dan mentraktir orang-orang yang lebih berhikmat dan lebih giat darimu.

7. Ketika uang untuk kehidupanmu sudah cukup, kebahagiaan terbesar adalah: menggunakan uang hasil kerja kerasmu sendiri untuk menggapai impianmu. Bentangkanlah sayapmu, kejar mimpimu dan biarkan hidupmu melewati perjalanan yang berbeda.

8. Kebahagiaan tidak akan kabur dari kehidupan masing-masing orang, perbanyaklah untuk introspeksi kesalahan diri sendiri, maka kamu akan pelan-pelan melupakan bagaimana orang lain menjalani hidup.

9. Tolong jangan sembarangan mengkritik saya, karena kamu hanya tahu nama saya, tapi tidak tahu kisah hidup saya. Kamu hanya mendengar apa yang saya perbuat, tapi tidak pernah tahu apa yang sudah saya lewati.

10. Seseorang yang sungguh-sungguh kuat, tidak akan pernah menghabiskan waktu untuk mengambil hati orang lain. Mengenai relasi dan koneksi, itu semua hanyalah pelengkap, hal yang paling penting adalah bagaimana meningkatkan kemampuan dalam diri sendiri. Orang hanya bisa datang kepadamu, setelah kamu memperbaiki diri.

11. Kamu sudah jadi pohon rimbun, burung-burung baru akan datang. Kamu sudah jadi samudera, seluruh aliran baru akan berkumpul kepadamu. Kamu harus mencapai suatu tingkat terlebih dulu, baru bisa mendapatkan koneksi yang sepadan, bukan sebaliknya.

Selamat berinvestasi untuk diri kita sendiri. Apapun keadaannya selalu banyak cara untuk bersyukur

Advertisements

SEHAT itu dari PIKIRAN dan DIRI SENDIRI

Artikel ini saya copas dari kolom sebelah, sangat bermanfaat untuk kita semua baca

Apa yang ada dalam artikel ini selama ini juga saya (sedang) selalu lakukan, bahwa SEHAT itu dari PIKIRAN dan DIRI SENDIRI

Kami sedang antri periksa kesehatan. Dokter yang kami kunjungi ini termasuk dokter sepuh – berusia sekitar tujuh puluhan – spesialis penyakit…


“Silakan duduk,” sambut dr.Paulus.
Aku duduk di depan meja kerjanya, mengamati pria sepuh berkacamata ini yang sedang sibuk menulis identitasku di kartu pasien.

“Apa yang dirasakan, Mas?”

Aku pun bercerita tentang apa yang kualami sejak 2013 hingga saat ini. Mulai dari awal merasakan sakit maag, peristiwa-peristiwa kram perut, ambruk berkali-kali, gejala dan vonis tipes, pengalaman opnam dan endoskopi, derita GERD, hingga tentang radang duodenum dan praktek tata pola makan Food Combining yang kulakoni.

“Kalau kram perutnya sudah enggak pernah lagi, Pak,” ungkapku, “Tapi sensasi panas di dada ini masih kerasa, panik juga cemas, mules, mual. Kalau telat makan, maag saya kambuh. Apalagi setelah beberapa bulan tata pola makan saya amburadul lagi.”

“Tapi buat puasa kuat ya?”

“Kuat, Pak.”

“Orang kalau kuat puasa, harusnya nggak bisa kena maag!”

Aku terbengong, menunggu penjelasan.

“Asam lambung itu,” terang Pak Paulus, “Diaktifkan oleh instruksi otak kita. Kalau otak kita bisa mengendalikan persepsi, maka asam lambung itu akan nurut sendiri. Dan itu sudah bisa dilakukan oleh orang-orang puasa.”

“Maksudnya, Pak?”

“Orang puasa ‘kan malamnya wajib niat to?”

“Njih, Pak.”

 

Read More »

Masturbasi Ramean

Linimasa lagi ramai membahas keputusan hakim vonis atas Pak Basuki – Ahok.

Yang menarik perhatian saya adalah kubu seberang.

Kubu yang anti ahok. Kubu yang menamakan aksi bela agama. Saya tidak sengaja melihat post / status mereka yang dipenuhi kebencian ada di linimasa. Jadi bagus juga sih, jadi tahu manusia seperti apa mereka. Pikirannya sempit kayak kolor baru,  kurang banyak melihat, kurang wawasan, kurang piknik dan kurang sambal terasi *jadi totalnya berapa mbak?*

Ada yang nyeletuk begini :

Kok itu pendukung Ahok gak dikasih gas airmata juga kalo pada kumpul sampe malem?? Pak Polisi apakah Anda pilih kasih? Giliran kami bela agama yang seagama dengan Pak Polisi malah dikasih gas air mata!

Oh Bung, kita beda level! Pak Polisi tahu mana massa yang bisa dibilangin dan mana massa yang anarkis maen hakim sendiri. Dan terpenting *ambil pulpen, catat!* Pak Polisi itu kerjanya kaga ngeliat agama bosss. Repot amat. Coba kamu saya tilang tapi agama kamu apa yah kok matanya sipit? Repott coiiii

Moso bung kaga bisa bedain hal sepele begitu?? Bung gak asik lah!

Kami tidak anarkis! Kami baru satu tembok / dinding / pagar  yang kami dorong hampir mau roboh. Itukan jadi highlight kalian? Yang jadi trending buat kalian? Gak roboh kok tenang aja. Kalo roboh mereka siap bertanggung jawab!

Padahal kami satu agama dengan Pak Polisi loh, kok bisa bisanya mereka malah membela si Ahok kafir?

Oh bung, jangan bicara agama please, karena kami jauh dari benar menyoal agama. Apa yang baik bagi kami aja belum tentu benar bagi Tuhan. Setiap hari kami masih terus belajar mengenai agama kami. Agama kami bukan untuk dibawa ke panggung politik, panggung sandiwara apalagi panggung boneka. Mahal sekarang masuk dufan! Bukankah apapun agamamu agamaku urusan kita masing-masing dengan Tuhan?

Lain lagi dengan yang bilang :

Kok banyak orang muslim yang malah pada nangis karena si penista agama? Si mbak ini heran tapi si mbak ini juga tidak menerima debat/pendapat.

Pokoke menurut pendapat dia begitu yah begitu, pendapat lain tidak diterima oleh si mbak. Hanya menerima komen yang sependapat dengan si mbak.

Walah. Kemudian besok kiamat. Si mbak ini doang yang masuk Surga.

Yang lain antri beli chiki chuba.

Tapi asik juga, jadi kita gak perlu capek capek jelasin kenapa teman teman banyak yang nangis dengan vonis hakim kepada Pak Ahok. Karena si mbak sudah menutup diri dan menutup komen dari luar jadi saya ga perlu sok jelasin apa-apa hahaha. Suka suka udelmu mbak? *cek udel*

Yah okelah cased close. Ahok menistakan agama.

*manggil si Nalar* Kemudian bagaimana dengan mereka yang menistakan agama / institusi / lambang negara?  Bahkan seenak udelnya kalo ngomong? *nalar masih nunggu jawaban dari kubu sebelah* *tik tok tik tok*

Kenapa mereka ini pada gak kenceng teriaknya sama seperti kepada Ahok?

Ya Tuhan pada kemana mereka ini, apakah mereka sedang sibuk jualan saat penista selain Ahok beraksi? Apakah mereka sedang menikmati Waduk Pluit buatan si kafir atau lagi beli sepatu pake KJP dari Ahok? Ntahlah..

Mereka ini, biasa disebut sumbu pendek oleh teman saya.

Suka bermain dengan pikiran sendiri, padahal cara pikir Tuhan itu luarbiasa tak terbatas, tak terkira, tak terjangkau, tak terpikirkan.

Apa jangan-jangan mereka sedang masturbasi dengan pikiran mereka sendiri? Memuaskan mereka sendiri? Sesuka mereka sendiri? Ntahlah. *kasih tissue*

Jakarta, pernah punya AHOK

Kekalahan Badja berasa kayak ditinggal pacar yah?

Kosong Hampa dan Tidak percaya. Could somebody wake me up? It’s just a dream?

Saya bersedih karena tahu betul kalo Pak Ahok dan Pak Djarot kerjanya nyata. Kerjanya sibuk ngurusin rakyat kecil seperti kami. Well saya gak mau tulis panjang-panjang menyoal ini. Karena begitu banyak kerja nyata mereka kalo saya tulis.

Satu hal yang saya masih percaya adalah, ini bukan akhir dari bangsa ini khususnya DKI Jakarta. Tapi saya percaya ada sesuatu yang besar untuk pak Ahok kerjakan didepan nanti. Atau mungkin ada kejutan bahwa ternyata hasilnya Ahok yang menjadi Gubernur putaran kedua. Jangan tanya saya gimana caranya pokoknya garisnya emang begitu. Who knows.

Saya tetap optimis akan lahir orang-orang baru seperti Pak Ahok.

Kalau beliau aja begitu lapang dan berkata:

“Kekuasaan itu Tuhan yang kasih, Tuhan juga yang ambil. Jadi biasa aja. Gak usah terlalu gimana-gimana” – luarbiasa beliau dengan santainya bicara ini.

Pilkada ini jadi ajang berharga buat kita semua. Semua anak muda harus bergerak dan melek politik agar tidak mudah tergiring opini yang menyesatkan atau menyudutkan. Semoga isu SARA ini menjadi yang terakhir dalam setiap pemilihan kepada daerah.

Pak Ahok dan team pasti belajar banyak dari kekalahan ini. Maka kita juga harus belajar agar keesokan hari pesta demokrasi dinegara ini kita yang aktif ambil bagian. Tidak melulu jago cuit dan post di medsos tapi mulai terjun dan aktif menyuarakan hal-hal positif. Tunjukkin kalo kita bukan sekedar ikut-ikutan tapi ada gagasan yang bisa diberikan untuk kota kita.

Sedihnya cukup. Move on. Terima kekalahan seperti seorang ksatria.

Well,

Again! Selamat kepada Pak Anies dan Pak Sandiaga untuk kemenangan hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Hidup Yang di Berkati

Setiap orang pasti hidupnya punya tujuan dan impian. Siapa yang tidak ingin diberkati dalam hidupnya. Seringkali karena begitu banyak berkat yang kita terima, saat semua kondisi baik dan cemerlang kita lupa bahwa hidup didunia ini hanya sementara. Atau mungkin begitu banyak masalah yang kita hadapi sampai-sampai kita stress dan lupa kalau kita punya Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ada 4 hal yang menarik yang terkadang lewat begitu saja dan membuat kita menjadi manusia yang mengandalkan kekuatan diri sendiri.

1. KOMUNIKASI

Komunikasi adalah “suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Sebuah keluarga khususnya Suami-Istri pasti ada masanya berbeda pendapat dan bertengkar. Komitmen untuk selalu berkomunikasi apapun yang mereka hadapi. Dari hal-hal sepele sampai hal-hal besar dalam rumah tangga. Tetap saja kemungkinan untuk berdebat atau berbeda pendapat selalu ada, yang menyebabkan pertengkaran bisa terjadi. Dan banyak perceraian terjadi karena hal tersebut. Komunikasi yang buruk.

Bisa dibayangkan jika tidak ada komunikasi. Segala sesuatunya kita kerjakan sesuai dengan ego dan tanpa memperhatikan orang lain. Betapa berbahayanya jika kita memiliki komunikasi yang buruk. Sama halnya dengan komunikasi kita dengan Tuhan = DOA. Ada yang bilang bahwa Tuhan hanya sejauh doa. Saya setuju akan hal ini. Tuhan dapat kita temui kapanpun dan dimanapun melalui doa.

Saya punya seorang anak laki-laki saat ini usianya satu tahun tujuh bulan. Belum bisa bicara dengan fasih. Bahkan diantara teman-temannya dia belum mengeluarkan kata pertamanya selain : heh, hah, huh, au dan hushhhh. Tapi saya selalu ajak berkomunikasi seperti layaknya dia sudah bisa berbicara. Karena komunikasi adalah kunci sebuah hubungan yang baik. Dan saya berkomitmen menjadi ayah yang baik dan inging memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan dan masa depannya kelak. Bahkan saya ingin menciptakan masa depan yang cemerlang untuk anak saya walau saya sendiri belum menggapai dan melihat masa depan itu.

Sama halnya dengan Tuhan kita. Bisa dibayangkan betapa bahagianya Dia, jika apapun yang kita mau, kita kerjakan dan kita inginkan dikomunikasikan dengan Dia. Tuhan memiliki alam semesta. Pencipta langit dan bumi serta segala isinya. Betapa special nya kita dapat berkomunikasi denganNya hanya melalui doa. Tuhan rindu setiap kita untuk tidak putus dalam berdoa. Untuk selalu berkomunikasi dalam segala keadaan kita.

Hari-hari semakin jahat. Banyak anak-anak kehilangan figur seorang ayah. Banyak anak-anak kehilangan komunikasi dengan orangtuanya. Karena itulah sasaran dari si jahat, mereka ingin memutus komunikasi setiap keluarga. Padahal hubungan setiap manusia dibangun diatas sebuah komunikasi. Tuhan pasti akan pakai kita lebih dahsyat lagi jika kita memiliki keluarga yang diberkati.

Kesaksian : Seorang suami-istri berdoa untuk seorang anak. Agar Tuhan ijinkan berikan seorang anak laki-laki. Dan Tuhan berikan. Buat kita mungkin tidak ada yang istimewa kelihatannya, tapi buat sepasang suami-istri tersebut itu adalah berkat yang luarbiasa.

Mat 11 : 24 : “Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.”

 

2. IMAN PERCAYA

Mat 17:20 : Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini : Pindah dari tempat ini kesana,- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Biji sesawi –  Biji ini termasuk biji yang paling kecil dari semua tanaman, tapi pohonnya sangat besar. Dari pohon ini terdapat bunga sesawi yang didalamnya terdapat biji. Satu bunga sesawi didalamnya terdapat ratusan biji sesawi yang ukurannya lebih kecil dari butiran pasir.

Betapa luar biasanya kuasa dari sebuah Iman Percaya. Apa yang kita percaya dapat terjadi di dalam namaNya. Seringkali kita percaya hal-hal tertentu karena itu baik bagi kita. Dan kita lupa bahwa iman kita sesuai dengan kehendak kita, bukan kehendak yang Tuhan mau dalam hidup ini. Iman percaya merupakan hal yang paling menarik. Apakah kita percaya Tuhan turut bekerja dalam segala hal? Atau kita percaya Tuhan mengabulkan semua hal yang kita mau. Sama-sama percaya kata kuncinya. Pastikan kita memiliki komunikasi yang baik agar iman percaya kita di jalan yang benar. Bahwa setiap apa yang kita minta itu menyenangkan hati Tuhan. Jadikan iman percaya kita dasar dari segala sesuatu yang kita kerjakan setiap harinya. Bahwa kita percaya Tuhan yang akan menyertai dan Tuhan yang akan memberkati setiap proses dalam hidup ini.

Kesaksian : Seorang anak muda tidak pernah khawatir yang berlebihan akan masa depannya. Satu hal yang dia percaya bahwa Tuhan turut campur tangan dalam segala sesuatu yang dia alami. Apapun yang terjadi, dinikmati dan dikerjakan dengan sukacita. Meski masa kelam dialami, dia mau selalu hatinya minimal ada sukacita dan damai sejahtera Tuhan. Kairos (saat yang tepat/waktunya Tuhan). He strongly believes in God. Milikilah iman percaya maka sukacita akan datang pada kita.

 

3. MENGUCAP SYUKUR

Siapa diantara kita yang rajin mengucap syukur dalam segala hal keadaan hidup ini? Jika ya selamat hidup Anda pasti sangat bahagia. Kok bisa? Ya karena setiap apapun yang terjadi kita bisa bersyukur dan ikhlas, pasti tidak akan banyak pikiran atau tidak menjadi beban. Semuanya diserahkan ke dalam tangan Tuhan.

Saya sangat rajin MENGUCAP SYUKUR saat happy. Tapi tantangannya ternyata adalah saat keadaan tidak baik, keadaan tidak sesuai dengan keinginan, saat doa tidak dijawab, saat doa kita malah dijawab sebaliknya seperti yang kita mau. Wah memang susah banget bagian ini. Tapi mengucap syukur ternyata adalah bagian dari Iman Percaya kita kepada Tuhan. It’s easy to say but it’s hard to do. Kita sama-sama terus belajar bagian ini. To always say Thank You Jesus, for everything in our life, we surrender.

Saya selalu bilang sama istri, kalau badmood atau tidak itu sebuah pilihan. Meski kami sadar bahwa itu adalah hal yang sulit. Karena daripada bersungut-sungut terus menerus ya kami belajar memilih mengucap syukur kepada Tuhan. Biar Tuhan gantikan semua gundah dan keresahan dengan sukacita.

Kesaksian: Dodi (bukan nama sebenarnya), seorang kawan dekat. Memiliki hidup yang cukup berat. Mengalami problem serius dalam hal financial. Dulunya punya kerjaan baik, posisi baik, fasilitas baik dari perusahaan. Sampai akhirnya pernah menjadi seorang supir pribadi. Pernah satu keadaan saat sedang mencuci mobil majikannya dia berfikir : “Tuhan hidupku sekarang seperti ini, aku percaya Kau akan sediakan hari depan yang cerah dan penuh harapan.” Dan sekarang puji Tuhan hidupnya perlahan diberkati Tuhan. Melakukan pekerjaan dengan ucapan syukur. Melakukan yang terbaik apapun itu kondisinya / pekerjaannya adalah bentuk dari ucapan syukur kepada Tuhan.

1 TES 5 : 18 : “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah didalam Kristus Yesus bagi kamu.”

 

4. RENDAH HATI

Saat semuanya berjalan dengan baik. Pekerjaan lancar, Rumah tangga harmonis, Keluarga bahagia, Pelayanan sukacita, Kesehatan baik dan Hidup berjalan sesuai dengan yang kita inginkan, kita seringkali lupa untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan lupa untuk mengucap syukur. Memegahkan diri.

“Pelayanan ini kalau tidak ada saya, kayaknya gak akan bisa diberkati seperti ini. Untung saya menjadi bagian dari team ini”

“Perusahaan kalau gak ada saya, pasti tidak akan seberhasil sekarang!”

“Karena saya belajar dengan giat dan sampai begadang akhirnya bisa lulus dengan nilai baik”

Kita lupa untuk rendah hati.

Kita lupa bahwa kemampuan kita adalah berkat.

Kita lupa kalau Tuhan yang ijinkan semua itu terjadi.

Kita lupa kita datangnya dari Tuhan

Sikap rendah hati ini sangat sulit diukur. Karena hanya kita dan Tuhan yang tahu. Kedalaman hati orang tidak ada yang dapat mengukurnya. Hati ini apakah terus membanggakan diri sendiri atau sadar bahwa kasih karunia Tuhan lah yang beserta kita dan mampukan segalanya.

Saya pernah ditawarin kakak diajak ke sebuah seminar. Seminar tentang semacam pengembangan diri. Saat itu sempet mikir (selain harganya yang gak murah hehehe) untuk apa ikut? Rasanya saya memiliki cara berbicara dengan orang yang baik, tahu tata krama, tahu bagaimana bersikap dan tahu ini tahu itu. Kemudian singkat cerita saya ikut dan setelah pulang dari sana banyak hal yang sudah saya tahu semakin diperlengkapi. Kadang seringkali saya suka SOTOY dan Sombong tapi Tuhan selalu punya maksud lain. Dari sana saya belajar untuk rendah hati, bahwa semua yang saya mampu lakukan semua bukan apa-apa.

Saya memiliki seorang teman baru. Seorang wanita, seorang istri dan seorang ibu. Tapi hidupnya sudah memberkati saya. Luarbiasa. Singkatnya : diceraikan, dijauhkan dari anak-anaknya, tidak boleh menuntut harta, disuruh bayar uang perceraian dll. Hidupnya sangat dipenuhi kesedihan dan masalah. Saya belajar dari dia mengambil sikap atas segala masalahnya, yang dia lakukan adalah mencari Tuhan. Hanya mengadu kepada Tuhan, berharap kepada Tuhan yang dia percaya bahwa Tuhan lah tempat terakhir untuk dia mencurahkan segala isi hatinya. Saat keluarganya bertanya, dia selalu tampil dan memberikan sikap kuat, tidak ingin membebani orangtua dan keluarga. Dan sekarang, hidupnya puji Tuhan saya berani bilang sangat diberkati. Saya belajar merespon dengan sikap hati yang benar dan rendah hati dihadapan Tuhan.

Ams 4 : 23 : “Tuhan benci orang yang sombong. Sudahkah hati kita benar dihadapan Tuhan”

Semoga apa yang akhir akhir ini Tuhan ingatkan kepada saya bisa menjadi berkat untuk kita semua. Tuhan Yesus memberkati.

 

 

Belajar nulis

Eh kenapa kalau lagi blogwalking liat tulisan-tulisan banyak aja yang bisa mereka tulis.

Kenapa giliran gua mau nulis kok yah gak semudah mereka, banyak aja yang bisa diceritain dan dibahas. Hmm, mungkin mereka punya admin kali (. . . kayak onlineshop aja, ngeblog aja ada adminnya . . .)

Mungkin gua harus belajar menulis apapun yang gua suka dan apapun yang gua pengen tulis. Tapi takutnya kagak berbobot hahaha atau sekedar tulisan kosong kayak pepesan kosong gituu . . .

Yasudah gua memutuskan akan menulis apapun yang gua suka dan pengen ajalah sambil belajar nanti kemudian hari mungkin bisa jaadi jago dan pro like them (Asik!!)

Lampu Motor bikin Silau Mata

Banyak yang ngalamin atau gak yah.

Gua sering banget merasa terganggu dengan kendaraan motor dan bajaj. Mostly sih motor. Kalau malam hari para pengendara motor ini pake lampu jauh. Alias lampunya nyorot lurus kedepan. Bikin sakit mata.

Kebanyakan terjadi dijalan-jalan perumahan ramai penduduk. Khususnya yang gua tulis ini sering ketemu didaerah Tambora.

Mereka pada kaga sadar apa ya kalau itu bikin sakit mata orang. Bikin mata berkunang-kunang. Bikin kecelakaan juga mungkin. Entah apa sensasinya harus pakai lampu jauh. 

Pernah gua ngobrol kenapa fenomena aneh ini banyak terjadi dijalanan Tambora. 

“Iya gua juga kesel, pada bego banget itu pake lampu jauh. Bikin mata sakit! Ampun dah!” 

“Oooh kirain gua doang yang ngalamin hal ini. Ternyata lu juga ngeh yah. Soalnya kalo gua liat pada santai aja penduduknya, ga ada yg repot kaya gua, infoin kepengendaraa “Massss lampunyaaa!!!” Problemnya adalah banyak banget motor yang pake lampu jauh. Duh gregetan pengen gua keplak palanya satu-satu” 

“Gua juga pake lampu jauh buat bales mereka. Daripada gua doang yang jadi korban” 

“Jaaahhh” 

Pantesan aja banyak yang pake lampu jauhhh. Wong temen gua aja juga lakuin karena sebagai aksi balas dendam.

Gua berharap ada razia mengenai penggunaan lampu jauh pada kendaraan motor ini. Bakal ada razia kan 16 november nanti. Seperti razia yang pernah dilakukan pada mobil, mereka disuruh duduk depan mobil dengan lampu menyala. Dihukum untuk liat sendiri betapa mengganggunya lampu kendaraan mereka yang diluar standar yang sudah ditentukan.

Nah gua gak tau ini kejadian terjadi juga kah didaerah yang lain??

Ah andai gua Superman. Uda gua laser itu lampu-lampu motor yang bandel menganggu mata.